Sabtu, 11 April 2020

Resume pertemuan 1 belajar menulis narsum Agus Sampurno



Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 1            : Jum’at, 10 April  2020
Waktu                        : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri                   : Agus Sampurno
Topik                         : Menulis di Blog dengan Tulisan yang Menarik
Peresume                 : Andy Muhtadin, S.Pd.i

 Mencari Ide Menulis Ada Banyak Pemicu Yang Bisa  Berujung Pada Terbitnya Sebuah Tulisan



















































Beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh seseorang yang belajar menulis adalah :
1.    Ia menulis dengan menjadikan dirinya sebagai peran utama, ia sibuk menceritakan dirinya sendiri. Tulisannya bukan fokus pada bagaimana menuntaskan pertanyaan atau sebuah solusi permasalahan
2.    Tulisannya tidak dibaca ulang sebelum diposting. Tidak ada yang nama self checking
3.    Tulisanya terlalu panjang dan mengandung banyak ide besar di dalamnya

Hal diatas adalah hal yang mesti dihindari dalam konteks blog di internet yang punya banyak keterbatasan. Keterbatasan dimaksud adalah saat diinternet, kita berada dilautan informasi yang benar-benar tanpa postioning yang pas, tulisan kita tidak akan di baca orang.

Kemudian sebagai contoh dibahas dalam diskusi adalah hal yang sedang menjadi trending topic dimana-mana “menyikapi situasi belajar jarak jauh” hal ini ada beberapa hal yang bisa seorang menulis dari beberapa perspektif :
1.    Perspektif sebagai pendidik ia meras dirinya sukses, ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik diluar sana yang masih berjuang  mengatasi kendala.
2.    Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran  jarak jauh
3.    Perspketif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamnnya ia berperan memberikan pertimbangan, tips, dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru

Dalam pembelajaran jarak jauh dapat di akses di google setelah di ketik kata kunci “cara mengajar online “ maka langsung timbul beberapa prediksi dari google seperti :
1.    Cara mengajar online
2.    Cara mengajar online di ruang guru
3.    Cara mengajar online di google classroom
4.    Cara mengajar online dengan google classroom
5.    Cara mengajar online via wa
6.    Cara mengajar online untuk dosen
7.    Dan seterusnya

Dalam memulai menulis diharapkan menulis dahulu dari perspketif nomor 2  untuk kemudian bergerak menulis di tulisan berikutnya baru menulis ke perspektif nomor 3
Tips menulis yang baik adalah :
1.    Memberikan ruh atau jiwa  pada tulisan.dengan cara penulis sudah tahu dalam kalimat, hal yang ingin disampaikan kepada pembaca
2.    Terapkan rahasia kreatifitas personal dengan cara menggunakan media sosial untuk mengamati, bertemanlah dengan media sosial dengan orang yang tepat sesuai dengan bidang  kita, maka  akan banyak ide yang akan muncul.

Jangan takut dengan dengan jejaring dan media sosial lainnya yang telah mempublikasikan beberapa bagian yang mirip dengan yang kita tulis, justru kita dapat lebih berani dan pintar dalam menyikapinya agar tulisan kita dapat bersinergi dengan yang telah ada. Upayakan kemas dengan baik dengan kelas online yang kita terapkan dengan menuliskan pengalaman kita sebagai pembedanya.

Adapun kendala belajar jarak jauh yang belum adanya jaringan internet, hp, bahkan listrik dan TV dapat disiasati dengan cara  membuat penugasan mingguan pembelajaran jarak jauh bukan untuk menggantikan pembelajaran tatap muka tapi sekedar menghangatkan otak dan ingatan siswa agar tidak kosong sama sekali saat wabah covid 19 melanda.

Memuat Tulisan Dilaman Facebook Upaya Melipatgandakan Pembaca

Facebook merupakan medsos yang sangat banyak pengemarnya sehingga kita semua kita mempunyai laman di facebook sepanjang pengalaman pemateri banyak penulis yang menjadi viral hanya bermodalkan tulisan /status di facebook

Pemateri memberikan contoh judul tulisan 5 cara menghindari kesalahan dalam memberikan penugasan di kelas online
Paragraph Pembuka : Menjadi viral baru baru ini status dari para orang tua siswa yang kelelahan saat mesti mendampingi anaknya belajar secara online. Hampir semua orang tua mengeluh betapa kewajiban mendampingi anaknya menjadi hal yang luar biasa berat. Pihak yang mencoba bijak pasti akan mengatakan bahwa saatnya orang tua siswa menyadari bahwa mendidik itu tidak mudah. Sebuah hal yang tidak akan laku dimata orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta di kota besar yang bayarannya pastinya lumayan. Hal yang sama juga tidak akan berlaku bagi orang tua yang mungkin punya banyak halangan dalam mendampingi anaknya, mulai dari dirinya yang mesti bekerja sampai tingkat pendidikan yang kurang menunjang

Paragraph Isi : Ada beberapa kesalahan yang dilakukan pendidik ketika menyelenggarakan kelas online ditengah wabah Covid 19 ini :
1. Guru berniat sekali menggantikan kelas tatap muka nya dengan kelas online. Ini akan menimbulkan masalah baru karena pastinya waktunya akan panjang dan materinya berat. Solusinya: memberikan penugasan mingguan yang disitu sudah ada deadline atau batas waktu yang terjangkau dan terukur. Hal ini akan menghindari kerumitan bagi orang tua siswa
2. Guru belum melakukan pembagian antara mana siswa yang lebih cocok diberikan tugas online dan offline. Jika ini terjadi maka guru kerap hanya berfokus pada penugasan yang online saja.  Saat yang sama ia akan bingung mengapa ada siswa yang respon nya lambat. Solusinya: Saatnya berikan pilihan pada ortu siswa apakah ingin tugas yang online atau yang offline. Jika online berarti orang tua sudah mengetahui mesti tugas menggunakan platform apa dan kapan mesti dikumpul. sementara untuk tugas offline mesti ada perjanjian pengumpulan tugas yang disetujui guru dan orang tua siswa.
3. Guru hanya sibuk memberikan tugas kepada siswanya, namun tidak menemani orang tua siswanya dalam situasi krisis ini. Semua orang tua siswa menyadari bahwa tinggalnya anak mereka di rumah adalah keputusan diluar kemauan sekolah. Untuk itu solusi terbaik adalah luangkan waktu untuk satu hari diadakan diskusi antara guru dan orang tua siswa, caranya bisa macam macam bisa lewat grup chat atau menyebarkan survey mengenai keinginan dari orang tua siswa.
4. Guru memberikan penugasan yang bertipe High order thinking skills atau HOTS. Ada juga guru yang menyuruh siswanya melakukan sesuatu yang memerlukan persiapan . Sebagai contoh ada orang tua siswa yang mengeluh anaknya diminta berpakaian adat kemudian di foto dan fotonya dikirim ke gurunya. Solusinya: berikan tugas yang memerlukan pendampingan minim dari orang tua siswa. Saat memberikan tugas, guru juga bisa menyelipkan panduan singkat bagi orang tua. Guru juga bisa memberikan estimasi waktu pengerjaan, sehingga orang tua yang sibuk bisa memperkirakan kapan ia mesti membantu, menyesuaikan estimasi waktu yang diberikan oleh guru anaknya
5. Guru cenderung ingin menghabiskan target kurikulum. Hal ini bukanlah sebuah hal yang salah. Namun yang harus diingat bahwa kecenderungan tadi membuat seorang guru menjadi tidak fleksibel. Solusinya: Guru mesti menerima situasi bahwa saat ini adalah saat krisis yang terjadi diluar kehendak dirinya sebagai seorang guru. Untuk itu ketika seorang guru sudah menerima situasi ini maka ia akan lebih terbuka pada masukan sambil terus menerus mencari dan belajar dengan cara terbaik dalam mencari bentuk kelas online yang sesuai, atau jika beberapa minggu kemarin kelas online justru banyak menimbulkan masalah saatnya dicarikan skenario lain yang penting siswa tetap fokus dan siap belajar pada saat wabah telah selesai.

Paragraph Penutup : Banyak sekali prediksi yang beredar mengenai kapan situasi pandemi ini akan berakhir. Di banyak kota di Indonesia, waktu belajar di rumah terus diperpanjang oleh pemerintah setempat. Ini berarti sebagai seorang praktisi perlu punya banyak ide agar kemitraan sekolah (guru) dan rumah tetap selaras

5 Persuasive Words That Controls Minds :
1. You
2. Free
3. New
4. Now
5. Secret

5 hal tersebut diterangkan dalam :
1. Tips menjadikan ANDA sebagai guru yang disegani oleh siswa
2. Cara BEBAS dari masalah saat mengajar kelas yang ribut
3. Aplikasi BARU yang bisa anda gunakan saat mengajar online
4.  Bagaimana membuat kelas online anda efektif mulai dari SEKARANG
5. Lima RAHASIA menghindari kesalahan dalam menyelenggarakan kelas jarak jauh

Pemateri membagi rahasia kunci dalam melipatgandakan pembaca tulisan dengan strategi diusahakan judulnya sudah membuat orang tertarik, kemudian membuat tulisan lalu diletakkan didalam halaman Facebook, saat yg sama di postingan Facebook tadi kita letakkan link blog kita. Dengan demikian blog kita akan semakin dikenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar